Wednesday 3 February 2016

Desain Rumah Anda Yang Menghadap ke Barat Dengan 5 Tips Berikut

Interistik-Tinggal di hunian dengan desain rumah yang menghadap ke barat memang berpotensi mendapat terik matahari yang panas pada jam 2 hingga setengah 5 sore. Suhu panas di luar yang cukup tinggi menjadikan suhu dalam rumah turut menjadi panas. Jika tidak pandai memilih desain rumah maka panas dan sinar matahari yang berkombinasi pada jam tersebut menjadikan suasana di dalam rumah serasa terbakar. Tapi kini tidak perlu khawatir, anda bisa mensiasati desain rumah anda yang menghadap ke barat dengan 5 cara berikut:





1. Ciptakan teras penetralisirDesain rumah dengan teras penetralisir udara maksudnya adalah teras yang dibuat untuk menurunkan temperature udara yang masuk ke dalam rumah. Anda bisa menaruh tanaman hias dengan daun yang rimbun untuk menetralisir udara pada teras tersebut. Selain bisa menangkis panas matahari, sebelum udara masuk ke dalam rumah akan diolah terlebih dahulu oleh tanaman ini sehingga udara yang masuk ke rumah memiliki kualitas yang bagus dan lebih segar.

2. Budidayakan tanaman rambat
Untuk rumah anda yang menghadap ke barat anda bisa menambah desain rumah pada bagian dinding fasad dengan tanaman rambat sebagai gorden alami. Selain mampu menangkis panas matahari dengan oksigen yang dihasilkannya, tanaman merambat ini bisa mempercantik penampilan hunian anda. Namun anda perlu mengutamakan aspek estetika yang dibawanya supaya secara keseluruhan dapat menciptakan keindahan rumah anda.
3. Ciptakan kisi-kisi Horisontal dan Vertikal
Anda bisa memaksimalkan pembuatan kisi-kisi baik berbentuk horizontal maupun vertical. Kisi-kisi tersebut bermanfaat sebagai lubang udara supaya sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih lancar. Tidak mengapa anda mendesain rumah dengan kisi-kisi berbahan baja atau kayu, karena pada dasarnya berfungsi sama yakni untuk mendinginkan ruangan.




4. Gunakan bidang transparan
Untuk mensiasati agar rumah anda yang menghadap ke barat tidak panas anda juga bisa memanfaatkan bidang transparan. Fasad dengan dekorasi yang menggunakan bidang transparan bisa digunakan untuk menciptakan sunscreen secara horizontal maupun vertical untuk meminimalkan cahaya matahari yang memasuki rumah.
5. Pasang bagian fasad rumah dengan kaca rumah
Akan lebih bagus jika desain rumah yang menghadap ke barat banyak memakai elemen bangunan dari kaca. Selain itu sangat dianjurkan untuk melapisi kaca dengan kaca film. Hal ini lapisan kaca film sangat berbeda dengan kaca transparan pada umumnya karena bisa kembali memantulkan panas yang dibawa oleh terik matahari sehingga dapat menurunkan suhu dalam rumah. Untuk desain rumah minimalis anda bisa menciptakan kanopi pada atas jendela untuk meminimalkan dampak negative cahaya matahari sedang untuk rumah bergaya tropis anda bisa memanfaatkan overstek yang lebar.

Meski menghadap ke barat anda tetap bisa mendesain rumah anda agar tetap terasa sejuk pada jam berapapun termasuk di sore hari dan untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait desain rumah anda bisa membuka blog interistik.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Produk Kami